PILAR ARCHITECTURE ISLAM SERI 8




Masjid Alhassan ll, seri pertama

Masjid Hassan II terletak di kota Casablanca, Maroko. Mulai dibangun tahun 1980 dan didesain oleh arsitek berkebangsaan Perancis bernama Michel Pinseau dan dibangun oleh Bouygues. Masjid ini dibangun untuk memperingati ulang tahun mendiang Raja Maroko, Hassan II. Bangunannya yang menjorok ke samudra Atlantik membuatnya terlihat seakan akan berada di tengah laut. Masjid pantai reclamasi mungkin bisa disebut, karena memang bangunannya tepat di mulut pantai, sebagaimana cita cita Raja Hasan ll :

"Saya ingin Casablanca diberkahi dengan bangunan besar dan bagus yang bisa dibanggakan sampai akhir zaman ... Saya ingin membangun masjid ini di atas air, karena takhta Allah ada di atas air. Oleh karena itu, umat beriman yang pergi ke sana untuk berdoa, untuk memuji pencipta di tanah yang kokoh, dapat merenungkan langit dan lautan Allah. "- 

Persoalan darimana nama Casablanca berasal? Mengapa sebuah kota di Maroko tidak memiliki nama Arab? tapi nama Spanyol? Mengapa disebut Casablanca ( warna putih ) Apakah semua rumah disana dicat putih? Bagaimanapun, terjemahan harfiah Casablanca adalah 'Casa' dan 'Blanca' atau 'rumah putih' itu yg saya fahami dalam bahasa Spanyol. Apakah Casablanca merupakan bentuk penaklukan Spanyol? Pada kenyataannya, nama modern kota ini berasal dari bahasa Portugis sebenernya dlm kata 'Casabranca' bukan casablanca yang diterjemahkan juga sebagai rumah putih, tapi entah kenapa sekarang berubah menjadi Casablanca ketika kerajaan Portugis diintegrasikan ke dalam kerajaan Spanyol ( 1580 -1640). 

Sejak merdeka dari Perancis pada tahun 1956, kota ini telah menjadi pusat ekonomi dan bisnis negara ini. Terletak di dataran Chawiya, tanahnya yang sangat subur menjadikannya keranjang roti di Maroko. Salah satu ekspor terpentingnya adalah fosfat dan ikan sarden yang sangat terkenal itu. Ketika Portugal diintegrasikan ke dalam Spanyol, maka daerah ini dinamai Casablanca, meskipun masih berada di bawah pemerintahan Portugis yang otonom. Saat Portugal memutuskan hubungan dengan Spanyol pada tahun 1640, Casablanca berada di bawah kendali penuh Portugis lagi. 

Namun Orang-orang Eropa meninggalkan daerah tersebut pada tahun 1755 setelah terjadi gempa bumi yang sangat dahsyat menghancurkan sebagian besar kota, kemudian Kota ini akhirnya direkonstruksi oleh Sultan Mohammed ben Abdallah (1756-1790), cucu Moulay Ismail, dengan bantuan orang-orang Spanyol dari imperium terdekat. Kota ini disebut ad-Dār al abayda yang artinya dalam bahasa arab juga -rumah putih ( casablanca ). Entah mengapa ingat casablanca jadi ingat dua hal nama kota yang romantis dan merek rokok atau semir rambut. Kota ini berada di bawah pendudukan Perancis pada awal abad ke-20, saat Maroko menjadi protektorat Prancis.



Comments

Popular Posts