PILAR ARCHITECTURE ISLAM 1



Introduction

Tulisan ini mengawali saya untuk membahas tentang bangunan Islam nusantara dan ide ide filosofis architecturis dalam kerangka development studies, sosiologis dan ilmu landscape. Semoga akan bertahap bisa terselesaikan, dengan bahasa yg sedehana, yg penting Pemikirannya original  ala tulisan gaya bebas face book. 

Dari kunjungan ke bangunan Islam bersejarah seperti di India, maroko, sampai archetype miniology  murbel di peninggalan roma, byzantium abad ke 14. Kita bisa tau betapa luar biasanya Ilmu architecture Islam jaman dulu. sehingga tidak salah bila pada masa kejayaan Islam di bagdad kholifah Abd Aziz, banyak sekali peninggalan yang dicuri dan di reduplikasi oleh kristen dan dibawa ke Europa. 

Dulu ketika saya di Italy pernah menguplaud simbol simbol artefak dan obelisk di daerah San Giovani, dimana dg bhs latin diterjemahkan sebagai mula pertama pertempuran Roman dg kapal besar dan meninggalkan peninggalan Islam jaman Alexandria yg terkubur dan tersimpan rapat oleh imperium Roma. di dalam peninggalan Islam yg saya amati pada waktu itu ketika di musium maroko kemarin, saya bisa melihat bahwa Islam memiliki karakteristik bangunan yang berbeda dg lainnya. 

Kalau bisa dibilang Islamic architectur archetype by technical support dibandingkan peninggalan yunani kuno, kalah semuanya. Ini kenapa dunia menganggapnya berbeda karena dua hal, pertama kalimat pertama ISLAM, yang membuat fokus kita selalu mengarahkan kepada mediaeval construction yang dibuat ala persi lama, yg semua dunia menganggapnya luar biasa. Kedua karena teori hexagonal dalam periode awal bangunan Islam kuno tidak pernah dikembangkan secara komprehensif.

Bagi saya peninggalan mereka tidak lebih dari sculptures Islam yang mengambil pondasi ilmu architect yang semuanya adalah architecture ALQURAN belajar dr ALQURAN, mengapa saya bilang begitu?? Karna justru ilmu architect berawal dari ilmu dan filosofi kaligrafi al Qur'an. Ada istilah Mudjowar yang berarti rounded, Mutholaah yang berarti triangular, Ti'im yang bermakna mix by two line, Masbut yg berarti angular, Masliq yang bermakna extended dan Mail yg berarti slated.

Dalam gambar gambar yg saya liat seperti teori algoritma dan trigonometric. Adalah bentuk yang banyak tertuang dalam al qur an surat an Nahl ( baca ayat 1 sampai akir ) Sampai membentuk kubah yg saya maknai sebagai peralihan hexagonal menuju marbel atau lingkaran bulat tanpa sudut sebagai representasi architecture ke ilahian. Sebagaimana kita liat kubah kubah di masjid mesir dan madinah. Banyak hal yang menarik dari teori hexagonal, yang alam sudah menunjukkanya, coba lihat bentuk rangkaian DNA manusia yg berbentuk hexagonal, susunan planet alam raya, rumah semut, rayap, sampai kepada rumah lebah yg menyimpan madu, struktur air, sel, udara, bahkan diperairan segitiga bermuda disinyalir adalah contoh contoh hexagon matrix banyak sekali teorimatika algorithm yang memiliki keistimewaan ketika berhenti pada kurva tiga, enam dan seterusnya.

Sebagai permulaan saya hendak mengatakan bahwa bangunan Islam nusantara secara sosiologis, filosofis sampai architecturis tidak akan kita pisahkan dg bangunan negara, yang menghargai sejarahnya, bagaikan teori hexagonal menjadi teori globe dimana sudutnya tidak lagi meruncing, namun membentuk tali yang sejajar dan bersambung.



Comments

Popular Posts